Cara Dokter THT Tentukan Alat Bantu Dengar guna Tuna Rungu

 

 

 

Mengalami kehilangan pendengaran akan dominan besar untuk kehidupan, dari pekerjaan sampai hubungan dan kesejahteraan emosional. Beruntungnya, permasalahan untuk tuna rungu itu dapat ditolong dengan pemakaian alat tolong dengar.

Alat tolong dengar guna tuna rungu ialah perangkat elektronik bertenaga baterai yang dirancang untuk menambah pendengaran. Ukurannya lumayan kecil untuk digunakan di dalam atau di belakang telinga. Di samping itu, benda ini membuat sejumlah suara lebih keras. Alat Bantu Pendengaran ini pun membantu guna mendengar lebih baik ketika sepi dan ketika bising.

Pemeriksaan guna Menentukan Penggunaan Alat Bantu Dengar
Untuk dapat mendapatkan alat tolong dengar, perlu mendatangi dokter THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Dokter spesialis THT dapat anda temui melalui software Halodoc. Kamu juga dapat membuat janji dengan dokter THT di lokasi tinggal sakit pilihanmu secara praktis melalui software Halodoc. Dengan begitu dokter spesialis THT bisa mengevaluasi dan mengobati gangguan pendengaran kamu.

Dokter akan mengerjakan pengujian atau pengecekan untuk memahami apa yang mengakibatkan masalah telinga. Kamu mungkin pun akan mendatangi audiolog yang akan mengerjakan tes untuk memahami jenis gangguan pendengaran yang anda miliki dan seberapa buruk adanya. Pemeriksaan itu meliputi:

• Pemeriksaan Fisik. Dokter bakal mencari bisa jadi penyebab gangguan pendengaran, laksana kotoran telinga atau radang dampak infeksi. Dokter pun akan menggali penyebab struktural masalah pendengaran.
• Tes Skrining umum. Dokter akan memakai tes bisikan dan meminta anda untuk menutupi satu telinga pada satu waktu. Gunanya ialah untuk menyaksikan seberapa baik anda mendengar kata-kata dibacakan dalam sekian banyak volume dan bagaimana anda menanggapi suara lain. Akurasinya bisa dibatasi.
• Tes Pendengaran Berbasis Aplikasi. Nah, software seluler jenis ini terdapat yang bisa kamu pakai sendiri di tablet guna menyaring gangguan pendengaran tingkat sedang.
• Tes Garpu Tala. Garpu tuning terdiri dari dua cabang dan instrumen logam yang menghasilkan suara saat dipukul. Tes simpel dengan garpu tala dapat menolong dokter mendeteksi gangguan pendengaran. Evaluasi ini pun dapat mengungkapkan letak telinga merasakan kerusakan.
• Tes Audiometer. Selama tes yang lebih lengkap yang dilaksanakan audiolog, anda akan mengenakan earphone dan mendengar suara dan ucapan-ucapan yang dianjurkan ke setiap telinga. Setiap nada diulang pada tingkat yang redup untuk mengejar suara sangat tenang yang dapat anda dengar.
Baca juga: Alasan Lansia Sering Kena Tuna Rungu
Dokter spesialis THT akan menyerahkan alat tolong dengar andai menurut keterangan dari dokter anda membutuhkannya. Jika anda mempunyai gangguan pendengaran di kedua telinga, barangkali yang terbaik ialah memakai dua alat tolong dengar. Beginilah teknik kerja alat tolong dengar:
• Mikrofon memungut suara di sekitar.
• Sebuah perangkat penguat menciptakan suara lebih keras.
• Penerima mengirim suara yang diperkuat ini ke telinga kamu.

Perlu anda ketahui bahwa tidak seluruh orang dengan gangguan pendengaran atau tuna rungu bisa mengambil guna dari alat tolong dengar. Namun, melulu 1 dari 5 orang yang dapat mendapatkan perbaikan memakainya. Sebagian besar, orang-orang memiliki kehancuran telinga unsur dalam atau saraf yang menghubungkan telinga dan otak. Kerusakan bisa berasal dari penyakit, penuaan, suara keras, dan obat-obatan.

Gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh masalah pada drainase telinga, gendang telinga, atau telinga tengah dinamakan gangguan pendengaran konduktif. Sebagian besar gangguan telinga pun membutuhkan operasi atau pertolongan medis lainnya supaya lebih baik. Namun, opsi tersebut juga belum pasti tepat untuk seluruh orang. Jika anda mengalami drainase telinga tersingkap dan telinga eksternal yang relatif normal, alat tolong dengar bisa membantu.

 

 

Leave a Comment