Konsep Katalog Elektronik yang Menarik untuk Mendorong Minat Pelanggan Berbelanja

Figure 1. Konsep Katalog Elektronik yang Menarik

Katalog elektronik kini semakin sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Semakin maraknya katalog elektronik yang ada membuat perusahaan harus berpikir lebih kreatif supaya tetap memiliki daya tarik tinggi sehingga tidak kalah saing dengan perusahaan lain. Berikut adalah apa saja cara yang membuat konsep katalog elektronik yang menarik.

Elemen dasar katalog elektronik

Desain dari katalog elektronik akan sangat berpengaruh dalam menarik perhatian calon pelanggan. Tak hanya harus menarik, desain dari katalog harus sesuai dengan audiens yang dituju juga brand dari perusahaan. Estetik seperti warna, tata letak halaman, serta desain grafis pada katalog menjadi penting untuk ditentukan oleh perusahaan ketika membuat katalog elektronik. Hal ini supaya pelanggan akan  mudah mengasosiasikan estetik tersebut dengan perusahan supaya nantinya pelanggan akan selalu ingat dengan perusahaan sehingga bisa menjadi lebih unggul dibanding perusahaan pesaing nantinya.

Adapun elemen dasar yang harus tercantum dalam katalog elektronik antara lain adalah:

  • Nama produk beserta gambar
  • Deskripsi Singkat
  • Spesifikasi produk, informasi pengemasan, diskon, dan informasi teknis lainnya.
  • Harga
  • Link atau button untuk membeli produk

Konsep katalog elektronik yang menarik

Konsep yang menarik dari katalog elektronik akan membuat pelanggan tertarik untuk membaca keseluruhan dari isi katalog dan mungkin berakhir pada berbelanja produk yang ada di dalamnya. Karena itu penting untuk memikirkan konsep serta desain dari katalog elektronik. Berikut adalah prinsip yang harus diperhatikan ketika mendesain katalog elektronik.

  • Tata letak produk yang strategis

Pikirkan baik-baik mengenai tata letak atau layout katalog. Misalnya seperti menaruh produk-produk yang paling banyak dicari dan laku terjual di halaman terdepan supaya semakin banyak orang membeli produk tersebut. Hal ini bisa mempengaruhi keputusan pelanggan untuk berbelanja nantinya.

  • Sesuaikan desain dengan target audiens

Apabila target pasar teridentifikasi dengan baik, perusahaan bisa menyesuaikan gaya desain, warna, serta tampilan keseluruhan dari katalog elektronik sehingga katalog menjadi tepat guna dalam menarik massa.

  • Buat desain katalog yang simpledan informatif

Tujuan utama dari katalog adalah untuk menampilkan produk penjualan sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya. Jangan buat desain yang terlalu penuh karena malah akan membuat pelanggan menjadi bingung saat membaca katalog. Buatlah desain yang sederhana namun tetap  eye catching dengan informasi yang singkat dan jelas.

Figure 2. Contoh Katalog Elektronik Bidang Furniture

Katalog elektronik di atas adalah contoh katalog yang sederhana namun tidak terkesan  murahan. Katalog mudah dipahami oleh pelanggan namun tetap menunjukkan kesan elegan dan moderen.

  • Gunakan foto produk yang besar dan jelas

Saat berbelanja online, pelanggan tentu ingin memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan gambar yang ada di dalam katalog. Oleh karena itu tampilkanlah foto produk dari berbagai sudut yang high definition sehingga pelanggan bisa yakin bahwa produk yang dijual sesuai dengan katalog.

Figure 3. Contoh Katalog Elektronik Bidang Pakaian Anak

 

Katalog di atas merupakan salah satu contoh katalog elektronik yang memungkinkan pelanggan untuk memperbesar gambar dari pakaian yang dijual. Fitur ini dapat meyakinkan pembeli untuk berbelanja karena mereka dapat memperkirakan dengan jelas seperti apa produk yang disediakan.

  • Pikirkan soal alur membaca dari katalog

Alur membaca atau eye flow akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan saat membaca katalog. Apabila alur membaca dari katalog tidak beraturan, pelanggan bisa menjadi bingung dan malas membaca seluruh isi katalog. Secara mendasar, atur layout desain dengan urutan yang jelas dari atas ke bawah yang dimulai dari kiri ke kanan.

  • Optimasi tampilan mobile

Karena sekarang smartphone merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan pelanggan untuk mengakses katalog elektronik, penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa tampilan katalog elektronik cocok untuk tampilan mobile. Katalog yang dengan mudah bisa di-scroll dengan tampilan visual yang jelas di layer ponsel dapat memudahkan pengguna untuk mengakses katalog sehingga mereka bisa berbelanja bahkan saat menggunakan ponsel.

Demikian adalah konsep katalog elektronik yang menarik. Desain katalog elektronik yang menarik serta mudah dipahami oleh pelanggan akan mendorong penjualan dari produk-produk yang ada  di dalam katalog. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan konsep serta desain dari katalog elektronik yang dibuat.

Leave a Comment