Mengenal Definisi Invoice adalah

Dalam bisnis, banyak dokumen – dokumen yang harus dipersiapkan. Dokumen – dokumen ini dibuat sebagai alat yang sah dalam penjualan dan pembelian. Salah satu dokumen penting ini adalah invoice.

Lalu, kenapa invoice begitu penting? Di artikel ini akan dibahas lengkap mengenai invoice adalah dokumen apa? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Sumber: https://www.getharvest.com/features/invoicing

Definisi Invoice adalah

Bagi orang – orang yang berkecimpung di dunia bisnis atau memperoleh pendidikan ekonomi, tentu tidak asing lagi dengan invoice. Namun, berbeda dengan masyarakat awam yang tidak di bidangnya, mungkin bingung dengan invoice.

Tak perlu khawatir, invoice adalah suatu dokumen yang di dalamnya memuat bukti pembelian. Isi di dalam invoice adalah detail mengenai barang atau jasa yang dibeli, harga tiap produk, banyaknya produk, jumlah, serta waktu dilakukan pembelian.

Tidak hanya itu, lebih lanjut guna dari invoice adalah sebagai tagihan penjual kepada pembeli. Dimana ketika melakukan penagihan, dilakukan berdasarkan kesepakatan pada purchase order. Untuk memudahkan, invoice adalah nama lain dari faktur pembelian. Yang mana digunakan dalam pembelian secara kredit, sehingga hanya pembeli yang membeli secara kredit yang akan mendapatkan invoice.

Invoice merupakan dokumen berbentuk lembaran kecil, namun sangat penting bagi bisnis baik dalam skala besar maupun kecil. Bahkan, dalam bidang jasa juga memperlukan invoice. Namun, invoice dengan produk yang berupa barang berbeda. Jika di bidang jasa, invoice adalah berupa kwitansi atau notice.

Fungsi dari Invoice adalah

Setelah membahas mengenai pengertian invoice, kita beralih pada pembahasan fungsi dari invoice. Jadi, fungsi dari invoice adalah sebagai dokumen sah yang memuat rincian pembelian. Selain itu, fungsi invoice adalah sebagai alat penagihan dari penjual ke pembeli untuk segera melakukan pembayaran. Oleh karena itu, informasi yang ada di dalam invoice harus lengkap dan jelas.

Selain itu, fungsi lain dari invoice adalah sebagai dokumen yang memuat informasi mengenai jumlah pembelian serta cara pembayaran dari produk yang dibeli. Metode pembayaran penagihan dapat dilakukan berdasarkan purchase order yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli sebelumnya.

Dari sisi penjual, invoice dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembukuan keuangan. Sehingga, pemilik bisnis dapat memantau perkembangan bisnis yang dilakukan. Invoice juga dapat digunakan sebagai rujukan ketika penjual ingin menjual kembali barang yang telah dibeli. Lebih luas lagi, di beberapa kasus invoice digunakan sebagai bahan rujukan ketika terjadi ketidaksesuaian penagihan serta pengiriman barang.

Jenis – Jenis Invoice adalah

Sumber: https://patch.com/new-york/new-york-city/how-use-invoice-template

Setelah mengetahui pengertian serta fungsi – fungsi dari invoice, sekarang beralih kepada jenis – jenis invoice yang biasanya digunakan dalam suatu bisnis. Beberapa jenis invoice tersebut diantaranya:

  1. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah invoice yang umum digunakan oleh para penjual. Di dalam invoice ini memuat informasi sederhana mengenai transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli, seperti jumlah, rincian produk yang dibeli, harga, serta total pembayaran. Invoice jenis ini biasanya digunakan dalam transaksi jual beli sederhana.

  1. Invoice Konsuler

Berbeda dengan jenis sebelumnya, invoice konsuler digunakan dalam transaksi jual beli internasional. Biasanya, kegiatan jual beli ekspor impor menggunakan invoice konsuler ini. Karena berhubungan dengan jual beli internasional, di dalam invoice ini harus disahkan dan mendapatkan izin dari atase negara atau negara yang menerima produk impor tersebut serta kedutaan negara yang melakukan ekspor.

  1. Invoice Proforma

Jenis yang terakhir adalah invoice proforma, dimana invoice ini digunakan apabila produk yang dikirim dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, invoice ini bersifat sementara dan ketika produk sudah lengkap, akan diganti dengan invoice biasa.

Itulah pengertian lengkap mengenai invoice, serta fungsi dan jenis dar invoice. Untuk pelaku bisnis, janga lupa lengkapi dari awal dokumen bisnis supaya ketika bisnis semakin besar, tidak bingung lagi dalam sistem keuangannya.

Leave a Comment