Mengenal Procurement dan Purchasing dari Parah Ahli

Apa sebenarnya Procurement itu? Dan apa itu Purchasing?
Untuk membantu kita memahami apa yang dimaksud dengan kata-kata ini, pertama mari kita pertimbangkan definisi yang dianut secara umum.

Purchasing

Menurut Procurify, Procurement melibatkan proses pemilihan vendor, penetapan syarat pembayaran, pemeriksaan strategis, seleksi, negosiasi kontrak dan pembelian barang yang sebenarnya. Ini berkaitan dengan memperoleh (pengadaan) semua barang, jasa, dan pekerjaan yang penting bagi suatu organisasi. procurement management, pada dasarnya, adalah istilah menyeluruh atau payung di mana pembelian dapat ditemukan.

Supply Chain Opz mendefinisikan Procurement sebagai berikut: “ Procurement mengacu pada partisipasi dalam pengembangan persyaratan dan spesifikasinya; mengelola aktivitas analisis nilai; melakukan riset pasar pasokan; mengelola negosiasi pemasok; melakukan aktivitas pembelian tradisional; mengelola kontrak pembelian; mengelola kualitas pemasok; membeli transportasi masuk ”- dari Purchasing dan Manajemen Material Teks dan Kasus oleh Donald Dobler

Dan PurchasingInsight.com menganggap bahwa “Procurement adalah fungsi menyeluruh yang menggambarkan aktivitas dan proses untuk memperoleh barang dan jasa. Yang penting, dan berbeda dari “pembelian”, pengadaan melibatkan aktivitas yang terlibat dalam menetapkan persyaratan fundamental, aktivitas pencarian sumber seperti riset pasar dan evaluasi vendor serta negosiasi kontrak. Ini juga dapat mencakup aktivitas pembelian yang diperlukan untuk memesan dan menerima barang.

Purchasing
Procurify menganggap bahwa “Purchasing adalah bagian dari pengadaan. Purchasing umumnya mengacu hanya pada membeli barang atau jasa. Purchasing sering kali mencakup penerimaan dan pembayaran juga. Dalam Siklus Procure-To-Pay yang menyeluruh, langkah-langkah yang secara khusus terkait dengan pembelian adalah: Pengakuan Pesanan Purchasing, Pemberitahuan Pengiriman di Muka, Tanda Terima Barang, Pencatatan Faktur, Pencocokan 3 Arah, Pembayaran kepada Pemasok ”

Supply Chain Opz mencirikan Purchasing sebagai berikut: ” Purchasing mengacu pada proses di mana perusahaan membuat kontrak dengan pihak ketiga untuk mendapatkan barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi tujuan bisnisnya dengan cara yang paling tepat waktu dan hemat biaya”

Sekarang ProcurementInsight.com menyatakan bahwa “Purchasing mengacu pada proses pemesanan dan penerimaan barang dan jasa. Ini adalah bagian dari proses pengadaan yang lebih luas. Umumnya, pembelian mengacu pada proses yang terlibat dalam memesan barang seperti permintaan, persetujuan, pembuatan catatan pesanan pembelian (Pesanan Purchasing atau PO) dan penerimaan barang.

Leave a Comment